Lompat ke isi utama

Berita

JELANG PENETAPAN DPT, BAWASLU MUSI RAWAS, MELAKUKAN RAPAT KERJA TEKNIS PENGAWASAN PERSIAPAN PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH TETAP (DPT) PADA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2024

#

Ketua Bawaslu Kabupaten Musi Rawas, Yeni Kartina

Bawaslu Musi Rawas – Menjelang pelaksanaan Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kabupaten, Bawaslu Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan Rapat Kerja Teknis Pengawasan Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Tetap hasil  pengawasan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) bersama Panwascam.

Rapat Kerja Teknis Pengawasan Persiapan Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pada Pemilihan Serentak tahun 2024 Kabupaten Musi Rawas, di Hotel Smart Lubuklinggau, (16-18/09/2024)

a

Rapat ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Musi Rawas  sekaligus Koordinator Divisi SDM, yang didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Musi Rawas, Agus Tiansah Sekaligus Koordinator Divisi HP2H. 

Peserta rapat terdiri dari Ketua dan Anggota Panwascam. Media Massa/Pers, Kepolisian. dan Staf HP2H Panwascam. 

Fokus rapat yaitu menghimpun dan mendalami keterangan Panwascam terkait temuan permasalahan data dan daftar pemilih selama proses penyusunan DPSHP bergulir hingga kondisi terakhir saat Rapat Pleno Rekapitulasi DPSHP Tingkat Kecamatan beberapa saat lalu.

Panwascam pun memaparkan Tingkat Masalah saat pelaksanaan pengawasan DPSHP, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan/desa, dengan kecamatan. 

Disampaikan oleh Panwascam, sebagian selisih tersebut terjadi lantaran human error saat penginputan data oleh PPS, namun sudah dilakukan perbaikan pada saat Rapat Pleno Rekapitulasi DPSHP di tingkat Kecamatan oleh PPK.

bb

 

Panwascam juga memaparkan sejumlah Saran Perbaikan, baik oleh PKD kepada PPS maupun oleh Panwascam kepada PPK, seperti pemilih TMS yang masih terakomodir MS dalam Pengumuman DPS dan sebaliknya pemilih MS yang tidak terakomodir dalam Pengumuman DPS.

Mereka (red: Panwascam) menjelaskan, sebagian besar Saran Perbaikan tersebut sudah ditindaklanjuti dan ada yang diteruskan kepada KPU Musi Rawas melalui PPK.

Merespon hal ini, Anggota Bawaslu Musi Rawas menyampaikan Bawaslu Kabupaten Musi Rawas akan berkoordinasi lebih lanjut dengan KPU Kabupaten Musi Rawas untuk memastikan poin-poin perbaikan yang disarankan oleh Panwascam sudah ditindaklanjuti atau belum.

Diketahui, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tingkat Kabupaten Musi Rawas akan diselenggarakan pada Kamis, 19 September 2024.

Penulis dan Foto : Tim Humas

Editor : Tim Humas